All Posts

Tentang Yves Saint Laurent Yang Harus Kamu Tahu

  • : Zetabags Admin
  • : 0000-00-00 00:00:00

Yves Saint Laurent yang sering kita sebut sebagai 'YSL' adalah fashion brand yang semua orang pasti mengetahuinya. Tapi, apa kalian tahu lebih jauh tentang brand kece ini? Seperti apa sih designernya? atau siapa yang mengembangkan brand ini sampai-sampai tetap eksis sampai saat ini? ini dia kisah kilat YSL.

 

 

BERAWAL DARI BUKAN SIAPA-SIAPA

Yves Henri Donat Matthieu Saint Laurent, lahir pada 1 agustus 1936, Algeria, Prancis. Pada masa kecilnya ia merupakan korban “bully” anak-anak sekitarnya karena perangainya yang mirip homosexual. Karena itu Saint Laurent menjadi anak yang sangat tertutup dan sering sakit-sakitan sepanjang waktu. Pada kesendiriannya ia menemukan ketenangan diri pada fashion, bermula dari membuat boneka kertas, hingga membuat baju untuk adik dan ibunya pada saat ia remaja.

Designer

Pict: tirto.id

 

 

PERNAH BEKERJA DI CHRISTIAN DIOR

Bermula pada umur 17, Saint Laurent mulai dikenal dunia setelah bertemu dengan Michael de Brunhoff, the editor of French Vogue yang mengenalkan dia dengan Chritian Dior. Dari sanalah Saint Laurent mendapatkan pelajaran dan pengalaman dari Dior. Namun di tahun 1962, Saint Laurent dipecat secara sepihak oleh Christian Dior.

YSL dengan Christian Dior

Pict: Pinterest.com

 

 

YSL MEMILIKI BRAND SENDIRI DENGAN PASANGANNYA

Setelah berhasil mendapatkan uang yang cukup banyak karena pelanggaran kontrak oleh Dior, Saint Laurent memulai labelnya sendiri bersama seorang partner sekaligus kekasihnya, Pierre Berge di tahun 1966. 20 tahun mendatang, YSL menjadi fashion house paling teratas di dunia.

YSL dengan pacar sekaligus partner, Pierre Berge (1977)

Pict: Pinterest.com

 

 

TOKO PERTAMA YSL

Toko pertama YSL di Paris pada tahun 1966, dengan logo Saint Laurent paling awal.

Toko YSL pertama, Paris

Pict: museeyslparis.com

 

 

TUXEDO PERTAMA UNTUK WANITA

'Le Smoking' tuxedo untuk wanita yang diciptakan oleh Saint Laurent pada tahun 1967 menjadi ikon yang paling revolusioner di dunia fashion saat itu.

Le Smoking Tuxedo Untuk Wanita

Pict: oxfordstudent.com

 

 

TRAPEZE OLEH DIOR

Pada tahun 1958, setelah wafatnya Christian Dior, Saint laurent mengambil alih penuh disain Dior dan mengenalkan style “Trapeze” yang merupakan gaya disain revolusioner pada saat itu.

TRAPEZE by YSL pada saat bekerja di Dior

Pict: thestar.com.my

 

 

MONDRIAN DRESS

Salah satu karya Saint Laurent paling ikonik adalah Mondrian Dress yang diluncurkan pada tahun 1965 sebagai koleksi musim gugur dan dingin. Terinspirasi dari lukisan Piet Mondrian.

Mondrian Dress by YSL

Pict: museeyslparis.com

 

 

BYE-BYE SAINT LAURENT

Pada 2002 Saint Laurent mengundurkan diri dari dunia fashion dan meninggal pada tahun 2008. Kisah hidupnya difilmkan pada tahun 2001 dan kini Pierre Berge mantan kekasihnya, tetap meneruskan kerajaan YSL dan membuat museum atas karya-karyanya.

RIP YSL

Pict: nytimes.com

 

ZETA BAGS Instagram

All You Need To Know About Yves Saint Laurent

 

Related Post



Chat With Us